Wedding Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Lilypie First Birthday tickers

Lilypie First Birthday tickers

Thursday, November 17, 2011

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil

Nutrisi apa aja yang dibutuhkan oleh ibu hamil....berdasarkan googling, tanya dokter, tanya para senior2 yg dah punya anak banyak dan sering konsul ke dokter....dirangkum dech ini aja yang dibutuhin oleh seorang ibu hamil....insyaAllah akan dipenuhin biar si anak pinter sehat dan semakin pinter.... (:



1. ASAM FOLAT
adalah salah satu jenis vitamin B yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel2 baru. dalam tubuh asam folat akan disimpan didalam hati sebagai cadangan. menurut WHO wanita dewasa butuh 400 microgram tiap harinya sedangkan ibu hamil  butuh 800 microgram tiap hatinya. kekurangan asam folat bisa mengakibatkan cacat bawaan pada bayi seperti cacat tabung syaraf dan keabnormalan otak serta sum-sum tulang belakang. 
Sumber-sumber alami asam folat terdapat pada sayur hijau atau buah-buahan seperti: brokoli, kacang-kacangan, bayam, telur, alpukat, gandum, susu, jeruk, strawberry hati sapi dan pisang.


2. OMEGA 3
Omega 3 adalah asam lemak essensial. tubuh kita memerlukan omega 3 biar bisa bekerja dan berfungsi lebih baik. Omega 3 ini berfungsi untuk membantu perkembangan membran sel. sehingga dapat berkembang dan berfungsi dengan baik. Bayi yang diberi makanan yang diperkaya omega 3 akan menunjukan perbaikan lemak DHA yang bisa meningkatkan kecerdasan.
Sumber-sumber omega 3 antara lain: sayuran berdaun hijau tua seperti labu, walnut, kedelai, telur ikan, ikan salmon, bayam, kangkung, brokali, dll.


3. DHA
DHA (docosahexaenoic acid atau asam dokosaheksanoat) hahaha bahasanya ilmuah bgt jadi inget pelajaran kimia pas SMA dulu....hehehe
DHA merupakan salah satu jenis lemak omega 3. DHA hampir ditemui disemua jaringan tubuh. Tetapi konsentrasi tertinggi di temui otak, serabut saraf, dan retina mata. Bagi anak DHA berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Pemberian DHA yang baik akan membuat anak IQ nya tinggi.
Sumber-sumber DHA antara lain: ikan salmon, sardin, tuna, mackerel, telur, daging dll.


4. Kalsium
Kalsium juga menjalan fungsi-fungsi penting didalam tubuh.
Sumber-sumber kalsium antara lain: susu, sayuran seperti brokoli, bayam, kubis, sawi dan lobak hijau.


5. Zat Besi
Kekurangan zat besi, kalsium dan serat dapat mengakibatkan defisiensi yang nantinya akan mengarah pada penyakit jantung, kangker, dan kerapuhan tulang.
Sumber-sumber makanan yang mengandung zat besi : bayam, beras merah, hati, tiram, kerang, ayam, itik, ikan dll


6. Vitamin B6
Vitamin B6 membantu dalam menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron, hormon penting bagi kesehatan.
Vitamin B6, atau dikenal juga dengan istilah piridoksin, merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Vitamin ini berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid.Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh. 
Sumber Vitamin B6 terdapat di dalam beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan. 

No comments:

Post a Comment